Sabtu, 02 April 2016

Desain Mesin (Autodesk Inventor)



       Firman Tuakia (2012: 1) Autodesk Inventor yaitu program pemodelan solid berbasis fitur paramaterik, yang artinya semua objek dan hubungan antar geometri dapat dimodifikasi kembali meski geometrinya sudah jadi tanpa mengulang lagi dari awal. Hal ini sangat memudahkan ketika sedang dalam proses design suatu produk atau rancangan. Untuk membuat model 3D yang solid atau surface, kita harus membuat sketch-nya terlebih dahulu atau mengimpor gambar 2D dari Autodesk Autocad. Setelah gambar atau model 3D tersebut jadi, kita bisa membuat gambar kerjanya menggunakan fasilitas drawing.

      Autodesk  inventor merupakan sebuah program CADD dalam bidang teknik yang diaplikasikan untuk perancangan mekanik dalam bentuk 3D. Syaiful Alchazin (2012: 2) mengatakan bahwa Autodesk Inventor 2012 merupakan program yang dirancang khusus untuk keperluan bidang teknik seperti design produk, design mesin, design mold, design konstruksi, atau keperluan produk teknik lainnya. Program ini merupakan rangkaian dari program penyempurnaan dari Autocad dan Autodesk Mechanical Desktop. Lebih lanjut, program ini sangat cocok bagi penguna Autodesk Autocad yang ingin meningkatkan kemampuanya karena memiliki konsep yang hampir sama dalam mengambar 3D.

       Yon F.Huda (2012: 1) Autodesk inventor 2012 merupakan salah satu software CADD (Computer Aided Drawing And Design) yang dikeluarkan oleh perusahaan asal Amerika bernama Autodesk. Sebagai software CADD, Autodesk inventor sangat sesuai diaplikasikan dalam pekerjaan perancangan komponen mekanik, perancangan sistem mekanik sampai dengan analisis kekuatan mekanik dari komponen-komponen mekanik yang dirancang. Sifat parametrik yang dimiliki software ini menjadikannya mudah untuk di edit dan dimodifikasi.


1 komentar:

  1. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    More than 160,000 men and women are using a simple and SECRET "liquid hack" to drop 2 lbs every night as they sleep.

    It is easy and it works with everybody.

    You can do it yourself by following these easy steps:

    1) Hold a glass and fill it up with water half the way

    2) Then use this proven hack

    and you'll be 2 lbs thinner in the morning!

    BalasHapus